Mengapa Hasil PCR Test untuk COVID-19 Sangat Lama?

Siapa yang menyangka sebelumnya bahwa virus Corona ini akan datang di awal 2020. Coronavirus ini berhasil membuat banyak orang berubah. Bahkan banyak perusahaan yang kelimpungan menghadapi kedatangannya ini. Semua agenda di tahun 2020 hampir dipastikan cancel atau diganti dengan yang semisalnya.


Saya sendiri sebenarnya awal 2020 ini akan bepergian ke Jakarta dan Bali, sayangnya karena ada Corona ini, harus membatalkan rencana itu. Ya, demi kesehatan sendiri dan keluarga. Pasalnya Coronavirus ini sangat mudah menular ke orang lain. Jika saya kena, maka tentu saja keluarga dekat saya akan kena. Dan virus ini bisa mematikan, meski hanya 2-3% saja fatalitasnya.

Semua Orang Mendadak Peduli dengan Kebersihan

Kamu bisa membandingkan apa yang biasanya terjadi di sekitarmu sebelum dan sesudah Corona datang. Yang paling mencolok adalah kebiasaan manusia berubah, terutama dalam kepeduliannya terhadap kebersihan.

Jika dulu orang bersin sembarangan, meludah sembarangan; saat ini dipastikan tidak ada orang yang berani bersin sembarangan dan meludah sembarangan. Jika masih sembarangan, tentu akan dipelototin banyak orang. Syukur-syukur kalau cuma dipelototin, bisa-bisa kamu dikeroyok jika seperti itu.

Jika biasanya ke mana-mana cuek dengan penampilan, saat ini banyak orang keluar rumah dengan memakai masker, sarung tangan, dan face shield. Itu adalah pemandangan yang sudah biasa kita lihat di jalanan. Tentu ini adalah hal yang baik, artinya mereka peduli dengan kesehatan.

Baca juga: Virus Corona dan Kecemasan

Jika dulu orang jarang sekali cuci tangan, sekarang sudah sering cuci tangan. Mau makan, cuci tangan. Habis dari keluar rumah sebentar, cuci tangan. Jika dari tempat keramaian, maka langsung mandi besar dan melepas semua pakaian dan segera mencuci. Ini tidak dijumpai sebelum ada Corona.

Hal itu sangat wajar. Karena semua takut jika terjangkit Corona. Corona ini sangat mudah menular dan jika kamu tidak dalam keadaan imunitas yang bagus, maka Corona bisa mematikan. Jika awal keluar Corona menjangkiti yang tua-tua saja, sekarang Corona bisa menjangkiti umur remaja dan anak-anak.

Mendeteksi Apakah Kamu Aman dari COVID-19

Pemerintah telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai tempat. Tujuannya untuk menekan penyebaran virus Corona ini. Setiap harinya korban COVID-19 semakin banyak. Bahkan Presiden Jokowi sendiri langsung datang ke Jawa Timur karena angka penambahan orang yang terkena COVID-19 paling tinggi di Indonesia dibandingkan provinsi lain.

Corona ini adalah masalah yang sangat serius. Sangat disarankan untuk benar-benar semua beraktivitas dari rumah. Untuk orang yang terpaksa harus ke luar kota harus mengantongi keterangan bahwa dia bebas dari COVID-19 ini.

Ada beberapa cara untuk mengetahui bahwa kamu aman dari COVID-19 atau tidak. Yang pertama, bisa dengan Rapid Test. Meskipun tidak seakurat tes lainnya, namun Rapid Test ini cukup menggambarkan apakah kamu terjangkiti Corona atau tidak. Biasanya orang yang ingin keluar kota harus melakukan Rapid Test terlebih dahulu untuk mendapatkan izin perjalanan keluar kota. Hal ini memang terkesan ribet. Namun ini penting untuk keamanan semua pihak.

Selain Rapid Test, kamu bisa menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction) Test. PCR Test ini lebih kompleks dan butuh waktu yang sangat lama, sekitar 2-4 minggu. PCR Test ini dilakukan dengan pengambilan dahak, lendir, atau cairan dari nasofaring (antara hidung dan tenggorokan), orofaring (antara tenggorokan dan mulut), atau paru-paru. Sampel dahak tersebut dibawa ke laboratorium untuk diteliti. Mengapa sangat lama? Karena memang proses menelitinya cukup lama ditambah lagi dengan antrian dari pasien lain yang melakukan PCR Test.


Bagi kamu yang ingin mengetahui apakah kamu aman dari COVID-19, kamu bisa melakukan PCR Test terdekat dengan bantuan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menemukan rumah sakit mana saja yang dekat dengan rumahmu yang menyediakan PCR Test ini. Lalu kamu buat janji dengan dokternya sesuai jadwal yang tersedia dan cocok dengan jadwalmu melalui Halodoc. Sangat mudah dibandingkan kamu harus bolak-balik ke rumah sakit hanya untuk melihat jadwal dan membuat janji.

No comments:

Post a Comment