Begini Panduan Membuat NPWP Online yang lebih Praktis

Cara membuat NPWP online memberikan kemudahan bagi setiap wajib pajak yang mempunyai penghasilan untuk melalukan pendaftaran. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak ini sebagai bukti bahwa Anda termasuk warga negara yang patuh pada peraturan perpajakan yang berlaku.

Ditjen Pajak memberikan dua pilihan pendaftaran NPWP yaitu secara offline atau langsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dan online melalui situs resmi dari Ditjen Pajak yaitu pajak.co.id. Persyaratan dokumen pendaftaran NPWP yang harus disiapkan tetaplah sama. 

Persyaratan untuk membuat NPWP online, yaitu kartu identitas/KTP bagi WNI, paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA. Sementara bagi wajib pajak yang menjalankan usaha, harus dilengkapi dokumen surat izin menjalankan usaha dari instansi yang berwenang. 

Daftar Langkah – Langkah Pendaftaran NPWP Online 

Jika Anda baru pertama kali membuat NPWP, cara membuat NPWP online cukup mudah dan lebih praktis karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut.

Buka Situs Resmi dari Ditjen Pajak

Langkah pertama masuk ke situs pajak.go.id. Pada bagian berada klik menu “Pendaftaran NPWP”. Kemudian klik “daftar”, Anda akan diarahkan untuk melakukan login terlebih dahulu

Login Akun

Langkah kedua, bagi Anda yang sudah mempunyai akun akan diminta memasukkan e-mail, password dan salin captcha. Sementara Anda yang belum punya akun, klik daftar dan masukkan  e-mail yang aktif. Salin captcha yang tertera.

Verifikasi E-mail

Langkah ketiga, buka e-mail dari eregistration@pajak.go.id, kemudian klik link yang tertera untuk mengisi form pendaftaran NPWP.

Lakukan Pengisisan Form

Langkah keempat, pengisian form NPWP harus berhati-hati untuk menghindari kesalahan memasukkan data. Tambahkan nomor handphone yang aktif dan pilih satu pertanyaan rahasia beserta jawabannya untuk verifikasi. Lalu salin captcha dan klik “Daftar”.

Pilih Status Wajib Pajak

Langkah kelima, Anda yang masih lajang baik laki-laki atau perempuan pilih status “Pusat”. Sementara bagi perempuan yang sudah menikah, pilih status “cabang” untuk dicabangkan pada NPWP suami.

Lengkapi Dokumen Penting

Langkah keenam, pastikan semua persyaratan dokumen terisi dengan lengkap. Pilih klasifikasi wajib pajak sesuai dengan kondisi, apakah Anda sedang menjalankan usaha atau tidak. Setelah data lengkap, status pendaftaran Anda akan muncul pada laman dashboard. Klik “minta token”, salin captcha dan terakhir klik “submit”. 

Konfirmasi Token

Setelah token dikirim ke e-email Anda, salin dan masuk kembali ke  menu dashboard. Klik “kirim”, masukkan token pada kolom yang tertera dan klik “kirim permohonan”.

Itulah beberapa cara membuat NPWP online dan setelah semua tahapan tersebut, tunggu sampai kartu NPWP dikirimkan ke alamat Anda. Periksa juga status pendaftaran Anda melalui e-mail dan halaman pendaftaran. Pastikan Anda bayar pajak tepat waktu, karena menunda pembayaran artinya ada hutang atau kasbon pada negara yang harus segera dilunasi. Sekarang aplikasi BukuKas bisa diunduh dari Play Store dan App Store. Aplikasi dengan informasi perpajakan, fitur pengelola keuangan seperti kasbon dan tips berbisnis yang bermanfaat bagi pengelola usaha.

No comments:

Post a Comment