Tips Memilih Kulkas yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kulkas sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Bagaimana tidak, manusia modern zaman ini lebih suka menghemat waktunya untuk ke pasar. Jika orang zaman dahulu ke pasar tiap hari, maka orang zaman sekarang ke pasar seminggu sekali. Tentu saja dengan kebiasaan yang seperti ini membutuhkan kulkas untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet.

Dari kebiasaan tiap orang yang berbeda dalam pemakaian kulkas, akhirnya ada beberapa macam jenis kulkas yang beredar di pasaran. Ada kulkas dengan kapasitas kecil. Kulkas ini cocok digunakan untuk rumah tangga yang memiliki anggota keluarga sedikit. Untuk anggota keluarga yang cukup banyak, mending beli kulkas yang sedang dua pintu atas bawah. Jika anggota keluarga sangat banyak, maka membeli kulkas yang besar, dua pintu samping. Ada lagi jenis kulkas yang memang digunakan oleh orang yang suka menyimpan frozen food. Banyak sekali jenisnya.

Cara Memilih Kulkas yang Sesuai Kebutuhan

Karena banyak sekali jenisnya ini, seringkali membuat orang bingung. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Kapasitas

Yang pertama kali dipertimbangkan saat memilih kulkas adalah kapasitas kulkasnya. Kapasitas kulkas ini penting disesuaikan dengan kebutuhan sehari-harimu. Misal kamu dan keluarga jumlahnya cuma 3 orang, maka cukup beli kulkas dengan kapasitas yang kecil saja. Namun, jika kamu sering menyimpan makanan dalam jumlah lama, tak ada salahnya jika kamu beli kulkas dengan kapasitas yang lebih besar.

2. Kualitas

Setelah menentukan kapasitasnya, maka kamu tinggal memilih merk kulkas yang memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhanmu. Kualitas ini memang disandarkan kepada merk kulkas itu sendiri. Karena memang ada merk yang sangat spesialis dalam urusan kulkas dan produk kulkas mereka awet-awet.

Berbicara masalah kualitas, tentu saja juga berbicara masalah harga kulkas juga. Semakin mahal harganya, maka semakin bagus juga kualitasnya. Itu sudah tidak bisa terbantahkan lagi.

3. Sesuai Budget

Hal yang paling sering dilupakan banyak orang adalah soal budget. Ingin kulkas yang begini dan begitu, muluk-muluk fitur, desain, dan hal lainnya yang serba bagus; namun budgetnya sendiri kecil. Ini seperti mimpi di siang bolong.

Kamu harus realistis dalam menginginkan sesuatu, termasuk kulkas ini. Jika kamu menginginkan kulkas yang bagus, maka siapkan budget yang banyak. Namun, jika kamu punya budget tertentu, maka kamu yang harus menyesuaikan dengan budgetmu.

Misal budget untuk kulkas adalah 2 juta. Kamu masih bisa kok membeli kulkas yang bagus, namun tentu saja dengan kapasitas kulkas yang kecil. Untuk harga kulkas kapasitas kecil, biasanya berkisar 1,5 juta hingga 2 jutaan.

Namun jika budgetmu 3 juta, kamu masih bisa membeli kulkas ukuran sedang. Untuk budget segini, cukup banyak pilihan merk kulkas yang tahan lama.

4. Fitur

Salah satu pertimbangan saat memilih kulkas adalah fiturnya. Seperti yang saya katakan di atas, jika budgetmu besar, maka kamu bisa memilih kulkas dengan fitur yang melimpah. Bisa ini bisa itu. Namun, jika budget pas-pasan, maka pilihlah kulkas yang beberapa fiturnya paling kamu butuhkan saja. Jangan terlalu terpesona dengan fitur tambahan yang sebenarnya tidak seberapa kamu butuhkan.

5. Hemat Daya

Hampir seluruh kulkas yang baru saat ini sudah mendukung hemat daya. Hal ini sudah semacam hal wajib bagi produsen kulkas untuk memroduksi kulkas yang hemat daya. Kamu sendiri juga tidak mau dong jika tagihan listrik kamu membengkak hanya gara-gara kulkas yang boros daya.

6. Desain

Selain itu semua, hal lain yang patut dipertimbangkan adalah desain. Memang tidak seberapa penting, namun bagi perempuan biasanya desain kulkas bisa menjadi pertimbangan yang kuat saat membeli kulkas.

Itulah beberapa tips memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga poin-poin di atas membantumu saat akan menentukan mau beli kulkas yang seperti apa.

No comments:

Post a Comment