Tips Mengetahui Kapan Harus Menyusui Untuk Ibu Baru

Menjadi ibu baru adalah pengalaman satu kali seumur hidup dan akan menjadi saat kamu masih excited untuk mempelajari apa saja yang seharusnya seorang ibu ketahui. Salah satunya adalah cara menyusui bayi. Mungkin tidak pernah terpikir atau terbayang sebelumnya kalau akan ada makhluk kecil yang sepenuhnya bergantung pada diri mu untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Dan sebaiknya jangan menunggu sampai anak menangis untuk memberi Air Susu Ibu (ASI) ya, Moms!


Lalu bagaimanakah kita bisa mengetahui kalau Si Kecil butuh minum susu? Perhatikan gerak-gerik Si Kecil karena sampai usia tertentu ia tidak akan bisa secara langsung bilang kalau ia ingin menyusu. Lihat apakah ia gelisah seperti menggesek-gesekan pipi atau mulutnya ke objek yang ada didekatnya. Beberapa bayi juga biasannya muali menghisap tangannya sendiri saat ia merasa lapar, nah itulah saat yang tepat untuk memberi Si Kecil ASI. Atau mungkin Moms bisa memperhatikan apakah Si Kecil membuat gerakan bibir seolah-olah sedang meyusu atau membuat suara menghisap. Maka pada saat itu Moms bisa langsung memberi Si Kecil ASI. Ingat jangan sampai menunggu Si Kecil Menangis ya, Moms!

Saat menyusui juga ada baiknya Moms mencari posisi yang nyaman baik bagi Moms atau pun Si Kecil. Karena siapa yang tahu proses menyusui Si Kecil akan memakan waktu yang lumayan lama. Perhatikan juga apakah popok Si Kecil sudah penuh atau belum. Jangan sampai kegiatan menyusui terinterfensi karena popok Si Kecil Merembes ke baju Moms ya.

Jika Si Kecil masih usia Newborn, Moms bisa mencoba popok merries. Mengapa? Karena popok merries mengklaim bisa menampung cairan secara keseluruhan dan tidak menumpuk disatu titik saja sehingga tidak lebih mudah bocor. Selain itu, ada juga alarm warna yang bisa memperingatkan moms sudah sepenuh apakah popok Si Kecil. Yuk, dicoba agar anak nyaman ibu pun nyaman.

No comments:

Post a Comment