Kapan Harus Melakukan Konsultasi Dokter Anak SehatQ?

Sebagai orangtua, kita memang menginginkan anak selalu dalam kondisi sehat. Tetapi, ada kalanya buah hati dalam kondisi yang kurang sehat sehingga harus melakukan konsultasi dengan dokter anak. Konsultasi bersama dengan spesialis anak melibatkan penilaian serta diagnosis kondisi yang mempengaruhi anak hingga remaja batas tertentu.

Spesialis anak merupakan cabang kedokteran yang berkaitan erat dengan kebutuhan medis anak-anak. Dokter yang mengkhususkan diri dalam hal ini ialah spesialis anak. Spesialis anak memerlukan pendidikan hingga bertahun-tahun di lapangan. 

Ketika dalam kondisi tertentu, mungkin kita tidak bisa langsung membawa buah hati ke spesialis anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan konsultasi. Saat ini Anda dapat melakukan konsultasi bersama dengan spesialis anak di SehatQ. 

Baik pagi, siang maupun malam, SehatQ selalu memiliki tenaga medis yang siap sedia untuk membantu Anda. Namun, kapan sebenarnya kita harus segera menghubungi spesialis anak?

Kapan Waktu Melakukan Konsultasi Dokter Anak?

Anda disarankan segera membawa buah hati ke spesialis anak ketika anak mengalami berbagai macam kondisi seperti:

1. Saat anak demam

Ketika anak demam, mungkin Anda akan melakukan beberapa penanganan sendiri di rumah seperti mengompres anak menggunakan kompres pereda panas, memberikan obat penurun panas dan yang lainnya. Namun, ketika kondisi panas anak tidak kunjung reda, lebih baik segera memeriksakannya. Jangan sampai demam menjadi semakin parah hingga akhirnya terjadi kejang.

2. Muntah dan diare berat

Selain demam, ketika anak mengalami muntah dan diare yang tidak kunjung berhenti, Anda dapat segera melakukan sesi konsultasi melalui SehatQ. Anda bisa menjelaskan apa aja yang anak makan hari ini, kemudian dari mulai kapan anak mengalami kondisi muntah serta diare berat, hingga warna tinja yang dikeluarkan. 

3. Gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan seperti pilek yang tidak kunjung sembuh, batuk, hingga menyebabkan gejala yang berat seperti sesak napas harus segera ditangani. Saat anak mengalami batuk lebih dari 2 hari, lebih baik jangan menunda untuk melakukan konsultasi dengan dokter anak. 

Anda dapat menjelaskan mulai kapan gangguan pernapasan tersebut muncul, apa saja yang dikonsumsi oleh anak, jenis dahak yang dimiliki, hingga obat apa saja yang sudah diberikan untuk meredakan sakit tersebut.

4. Mengalami masalah tumbuh kembang

Sebagai orangtua, saat menemukan pertumbuhan dan perkembangan anak yang sedikit berbeda dari anak seusianya, pasti akan langsung bingung dan cemas. Ketika terjadi hal ini, Anda dapat segera melakukan konsultasi dengan dokter di SehatQ serta menjelaskan kondisi yang terjadi.

Jika nantinya kondisi perkembangan dan pertumbuhan masih normal, spesialis anak hanya akan memberikan tips hingga vitamin yang akan membantu perkembangan dan pertumbuhan anak. Namun bila melakukan konsultasi yang lebih lanjut, Anda dapat melakukan booking konsultasi secara offline dari SehatQ.

5. Muncul ruam

Munculnya ruam juga menjadi kondisi yang membuat kita harus segera melakukan konsultasi dengan spesialis anak. 

Sebelum melakukan konsultasi dengan spesialis anak karena berbagai macam masalah tersebut, dianjurkan untuk mencatat berbagai macam gangguan yang dialami buah hati terlebih dulu. Hal ini berguna untuk membantu spesialis anak melakukan diagnosis penyakit yang dialami anak.

Bila memang kondisi yang membuat Anda melakukan konsultasi karena lahir prematur atau perkembangan pertumbuhan dan perkembangan anak yang lambat, Anda bisa menceritakan riwayat kehamilan, persalinan serta status tumbuh kembang anak. Ceritakan pula kelengkapan imunisasi yang sudah anak lakukan. 

Biaya untuk melakukan konsultasi ke dokter anak cukup beragam, Anda bisa memilih sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

No comments:

Post a Comment